Latar belakang pengalaman yang panjang
telah memberikan fondasi yang kuat dalam menciptakan tradisi keilmuan
di perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengab-dian pada
masyarakat. Hal itu telah terbukti dari kepercayaan selama lebih kurang
tiga puluh tahun yang diberikan pemerintah dan masyarakat untuk
menyelenggarakan pendidikan tinggi. Outputnya telah terbukti mampu
berperan serta dalam memajukan iklim pendidikan khu-susnya dan
masyarakat pada umumnya. Dari proses kelahirannya dapat dikatakan bahwa
universitas Kanjuruhan Malang merupakan per-guruan tinggi yang sudah
lama berdiri, memiliki usia matang, dan banyak pengalaman dalam
penye-lenggaraan pendidikan. Berbagai pengalaman tersebut menjadi modal
yang sangat berharga dalam penciptaan percepatan pembelajaran
(accelerated learning).
Saat ini Universitas Kanjuruhan Malang terus
berbenah melengkapi diri dengan berbagai fasilitas yang mampu
mempercepat pembelajaran, baik itu pembangunan fisik maupun nonfisik.
Secara internal penciptaan iklim pendidikan yang kondusif dan
profesional dilakukan dengan membangun gedung-gedung baru untuk
perkantoran dan ruang perkuliahan, perpustakaan representatif yang
dilengkapi katalog dengan sistem komputerisasi, pemberian tugas belajar
pada dosen untuk menempuh program magister dan doktor. Secara eksternal,
dilakukan dengan membangun sinergi kerja dengan berbagai lembaga, baik
lembaga swasta seperti industri, perbankan, perhotelan, dan lain-lain
maupun lembaga pemerintahan.
Setelah menjadi Universitas Kanjuruhan Malang,
obsesi ke depan yang ingin direalisasikan yakni menjadi universitas
yang mempunyai keunggulan program yang mampu menjawab tantangan zaman
dengan keunggulan tertentu, misalnya twinning program, double profession, entrepreneurship, dan e-learning.